Rabu, 23 April 2014

Liburan Ke Luar Negeri a La Backpacker Yuk!

Saat ini merupakan musim liburan, dan beberapa paket liburan telah ditawarkan agen perjalanan maupun maskapai penerbangan dengan promo yang menarik. Tapi jika kamu mau tantangan, apa salahnya mencoba liburan keluar negeri sendiri, dan pastinya akan menghemat biaya.
Didukung era digital, maka kamu bisa dengan mudah mendapatkan akses innformasi tentang rencana perjalanan keluar negeri sehingga bisa melakukann persiapan maksimal. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menjadi backpacker di mancanegara.
1. Cari informasi sebanyak-banyak mengenai tempat yang hendak kamu tuju.
Googling, bing-ing, wikipedia-ing, forum-ing, manfaatkan semua channel. Apa yang perlu diketahui? Kalau kamu bepergian tanpa biro travel, berarti cari tahu tempat penginapan, lokasinya bagaimana dan kemudahan akses, transportasi, cuaca pada saat nanti berkunjung, spot-spot menarik, kuliner (jika kamu penyuka wisata kuliner), kebudayaan (jika menyukai event-event kebudayaan dan tradisi setempat), dll.
2. Persiapkan paspor, visa, dsb.
Jika ini adalah perjalanan pertama kamu ke luar negeri dan mengurus paspor sendiri, lagi-lagi rajinlah menggali informasi dari internet tentang tatacara dan teknisnya. Bertanya kepada teman yang sudah pernah mengurus paspor juga disarankan. Tetapi sebelum kamu di-bete-in karena terlalu banyak bertanya, bekali diri terlebih dahulu dengan informasi hasil googling.
3. Kalau kamu menggunakan smartphone, maksimalkan gadgetmu untuk kemudahan selama di tempat tujuan.
Sekarang ini apa sih yang tidak bisa dilakukan smartphone? Cek market/app world gadgetmu, search aplikasi yang mendukung untuk traveling. Seperti misalnya untuk android, ada kategori khusus untuk travel and local. Install aplikasi-aplikasi dasar seperti travel advisor, maps, dan petunjuk transportasi. Selain itu ada juga aplikasi seperti kamus dan everyday conversation, yang membantu kita untuk berkomunikasi jika kemampuan bahasa asing kita kurang. Jangan lupa untuk membawa cadangan baterai.
4. Packing yang efektif dan efisien
Karena sudah mengetahui cuaca di tempat tujuan dan gambaran mengenai keadaan kotanya, semestinya bisa memperkirakan pakaian seperti apa yang pas dengan kondisi setempat. Karena bepergian sendiri, barang yang dibawa jangan sampai merepotkan. Susun check list apa saja yang perlu dibawa, dari obat hingga colokan T.
5. Hubungi teman-teman atau network kamu yang berdomisili di tempat tujuan
Adanya teman sangat membantu jika terjadi apa-apa di tempat asing. Bergabung ke forum/milis atau komunitas sangat membantu untuk mendapatkan teman/kenalan sesama penggemar traveling. 
Sumber :
https://id.berita.yahoo.com/liburan-ke-luar-negeri-la-backpacker-yuk-051600794.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar