Minggu, 20 April 2014

Ini tiga tantangan ekonomi RI jelang Pilpres

Sindonews.com - Pakar ekonomi Firmanzah mengatakan, dalam waktu tiga bulan ke depan (Mei-Juli 2014), perekonomian nasional akan dihadapkan pada tiga tantangan sekaligus.

Pertama, terkait kesiapan menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri 1435 H. Kedua, stabilitas politik, keamanan dan ketertiban jelang masa kampanye, pemungutan dan perhitungan suara capres-cawapres pada 9 Juli 2014. Ketiga, tantangan untuk terus melakukan penguatan fundamental perekonomian sebagai antisipasi ketidakpastian arah pemulihan perekonomian dunia. 

"Ketiga tantangan tersebut perlu kita kelola dengan baik di tengah konsentrasi dan energi nasional terfokus pada persiapan menunggu perhitungan hasil pemilihan legislatif (pileg) oleh KPU dan persiapan jelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014-2019," kata dia seperti dikutip dari situs Setkab, Senin (21/4/2014).

Dia mengingatkan, masa tiga bulan ke depan adalah masa-masa krusial bagi perekonomian nasional. "Harus kita pastikan bahwa Indonesia mampu melewati tiga tantangan tersebut. Sehingga hal ini menjadi fondasi kuat bagi pemerintahan lima tahun ke depan," ujarnya.

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan itu menegaskan, untuk terus menjaga perekonomian nasional tetap tumbuh positif, merata dan berdaya tahan menghadapi tiga tantangan tersebut, maka kewaspadaan serta kecepatan dalam melakukan policy responses semakin diperlukan.

Menurutnya, pengambil kebijakan nasional di bidang perekonomian perlu tetap fokus dan terus meningkatkan koordinasi lintas kementerian dan lembaga lainnya seperti BI, OJK dan LPSS.

Sementara, dukungan dari pemerintah daerah juga sangat dibutuhkan agar efektivitas implementasi serta harmonisasi kebijakan dapat terus ditingkatkan.

"Transisi kepemimpinan perlu kita jaga dengan baik. Dan yang lebih penting lagi adalah tetap meningkatkan kinerja perekonomian nasional melalui penuntasan agenda-agenda pembangunan di Indonesia," kata Firmanzah.

Sumber :
http://ekbis.sindonews.com/read/2014/04/21/33/856009/ini-tiga-tantangan-ekonomi-ri-jelang-pilpres

2 komentar: