Rabu, 23 April 2014

Agar Liburan Tak Diganggu Urusan Kerjaan

TEMPO.COJakarta - Tumpukan pekerjaan tanpa disadari dapat menimbulkan stres. Daripada sakit dan tak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, lebih baik mengambil cuti tahunan.
Pilihlah tempat berlibur yang bisa menyegarkan pikiran dan fisik. Kadang kala kita tidak bisa sepenuhnya menikmati vakansi karena dihubungi bos atau anak buah di kantor. Nah, agar liburan tak terganggu, simak tip berikut.
1. Susun Rencana
Liburan perlu dirancang supaya jadwal cuti tidak bentrok dengan kegiatan atau kesibukan kantor. Sebuah penelitian mengungkapkan para eksekutif biasanya mengambil cuti pada masa liburan sekolah. Periode tersebut cocok untuk berlibur karena kegiatan bisnis cenderung lebih lesu dibanding pada bulan lain.
2. Cari Pengganti
Cari rekan kerja yang bisa menggantikan posisi Anda selama cuti. Atasan Anda mungkin bisa membantu menentukan ini. Sebelum cuti, lakukan rapat dengan pengganti Anda untuk memberi tahu mengenai tugas-tugas penting dan jadwal penyelesaiannya. Jelaskan prosedurnya dan pastikan dia mengetahui tempat penyimpanan pelbagai dokumen yang diperlukan.
Selain itu, berikan nama dan nomor telepon rekan kerja pengganti kepada klien selama Anda berlibur. Hal ini penting agar klien tahu harus menghubungi siapa selama Anda tak berada di kantor.
3. Sebar Informasi
Beberapa hari sebelumnya, beri tahu rekan kerja dan klien bahwa Anda akan cuti. Jadi mereka punya cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dan tak perlu selalu menghubungi selama Anda berlibur. Rapat yang harus Anda pimpin bisa dilakukan sebelum atau setelah cuti. Namun, bila tetap harus dilaksanakan saat Anda berlibur, mintalah rekan Anda memimpinnya.
4. Tinggalkan Teknologi
Sebelum Anda pergi berlibur, pastikan kontak masuk e-mail tak penuh. Sebab, kotak masuk yang penuh bisa menghambat pengiriman surat elektronik penting sekembali dari liburan. Bila memungkinkan, tinggalkan perangkat komunikasi, laptop, dan dokumen kerja di rumah. Batasi keterlibatan dengan urusan kantor, kecuali ada hal yang sangat penting.
Dengan menyadari segala sesuatunya terkendali dengan baik, Anda dapat benar-benar menikmati liburan bersama keluarga. Jadi betul-betul rileks ketika masuk kerja lagi.
Sumber :
https://id.berita.yahoo.com/agar-liburan-tak-diganggu-urusan-kerjaan-045923869.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar