Minggu, 08 Desember 2013

Terbukti, Jatuh Cinta Bikin Wanita Tak Peduli Diet dan Berat Badan

Jakarta, Pernahkah Anda mendengar ada istilah yang mengatakan bahwa gemuknya seseorang menjadi pertanda bahwa dirinya sedang bahagia atau mungkin sedang jatuh cinta? Sebuah studi membuktikan bahwa hal tersebut rupanya benar.

Studi yang dilakukan oleh Tallinn University, Estonia, membenarkan bahwa wanita yang sedang jatuh cinta atau sedang berada dalam sebuah hubungan yang bahagia secara alamiah akan berhenti mengkhawatirkan masalah berat badan. Hal ini bahkan berlaku pada para wanita yang berat badannya berlebihan.

Para peneliti mengatakan bahwa sikap tersebut terjadi karena wanita sudah merasa cukup puas dan bahagia dengan kondisinya saat itu daripada sekadar mengkhawatirkan sebuah angka pada timbangan, seperti dilansir Daily Mail, Senin (9/12/2013).

Untuk membuktikan hal tersebut, dalam studi ini dilibatkan lebih dari 250 wanita berusia antara 20 hingga 45 tahun. Dua pertiga dari mereka sudah memiliki kekasih, sementaranya sisanya sudah menikah. Para responden tersebut kemudian diberikan serangkaian pertanyaan tentang hubungan percintaan mereka, termasuk tingkat kepuasan mereka secara emosional. Selain itu, wanita-wanita ini juga ditanya mengenai kepuasannya terhadap berat badan mereka.

Jawaban yang diberikan mengungkapkan bahwa bahagia dalam hubungan percintaan lantas membuat mereka ikut puas dengan berat badannya masing-masing, meskipun mungkin sebenarnya mereka memiliki berat badan yang tak ideal. Selain itu, para wanita ini juga dinilai memiliki harga diri yang lebih tinggi. 

Sabina Vatter, salah seorang peneliti yang terlibat dalam studi ini, mengatakan bahwa hal tersebut membuktikan bahwa kepuasan pada wanita terkait ukuran, bentuk dan berat badannya bergantung pada hubungan percintaan yang mereka miliki. 

"Ini berarti wanita tidak boleh terlalu terobsesi dengan masalah berat badan. Ada lebih banyak yang jauh lebih penting dari sekadar khawatir berlebihan tentang hal itu. Yang paling penting adalah selalu makan sehat dan olahraga secara teratur," ujar Vatter.

Menurutnya, rutin olahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pada wanita karena setelah melakukannya mereka akan merasa telah melakukan sesuatu yang baik untuk tubuhnya sendiri.

Sumber :

http://health.detik.com/read/2013/12/09/115847/2436271/763/terbukti-jatuh-cinta-bikin-wanita-tak-peduli-diet-dan-berat-badan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar