Minggu, 09 Desember 2012

Mobil Pribadi Haram Pakai BBM Bersubsidi


JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Ekonomi Nasional (KEN) memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Isinya mobil pribadi dilarang memakai BBM Bersubsidi.

"BBM Bersubsidi itu harus diberikan kepada orang yang tepat, tapi kalau mobil pribadi, itu sasaran yang tidak tepat. Rekomendasi kita, pemilik mobil pribadi diharamkan memakai BBM Bersubsidi," kata Ketua KEN Chairul Tanjung dalam acara Prospek Ekonomi Indonesia 2013 di Auditorium Bank Mega Jakarta, Senin (10/12/2012).

Menurut Chairul, anggaran subsidi khususnya BBM Bersubsidi dinilai masih perlu untuk diberikan. Apalagi untuk orang yang membutuhkan yaitu orang miskin. Sementara pemilik mobil pribadi dianggap sudah tidak memenuhi kriteria miskin, sebab orang yang sudah memiliki mobil pribadi adalah orang yang kaya.

"Ini bukan imbauan, tapi pelarangan. Kalau bisa, ini diharamkan (pemilik mobil pribadi memakai BBM Bersubsidi," tambahnya.
Saat ini, kata Chairul, sekitar 70 persen konsumsi BBM Bersubsidi dikontribusikan dari mobil pribadi. Bila diharamkan, maka subsidi BBM tersebut bisa dialokasikan secara layak dan tepat ke masyarakat yang membutuhkan.

Subsidi pada APBN 2013 sebesar Rp 317,2 triliun, naik 29,4 persen dari Rp 245,1 triliun di APBNP 2012. Subsidi energi mencapai Rp 274,7 triliun yang merupakan komponen subsidi. Dari jumlah tersebut, subsidi BBM mencapai Rp 193,8 triliun, naik 41,1 persen dari tahun sebelumnya. Sementara subsidi listrik mencapai Rp 80,9 triliun, naik 24,6 persen dibanding tahun lalu.

Analisa :

Menurut saya kebijakan tersebut kurang efektif, hendaknya penggunaan bbm bersubsidi hanya boleh digunakan bagi orang-orang yang dalam segi ekonomi kurang mampu, tetapi dalam kebijakannya pun hendaknya jangan mobil pribadi yang tidak boleh menggunakan bbm bersubsidi, melainkan mobil-mobil yang keluaran tahun terbaru yang tidak boleh menggunakan bbm bersubsidi, dan tahun terbarunya itu dibatasi antara tahun sekian sampai tahun sekian, karena banyak juga mobil pribadi yang digunakan untuk umum.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar