Senin, 11 April 2011

Pengangguran

PENGANGGURAN
Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya.
Pengangguran di Indonesia kini mencapai 8,59 juta orang atau 7,41%  dari total angkatan kerja di Nusantara sebanyak 116 juta orang. Dari segi persaingan internasional hasil survei "World Economic Forum 2010" menunjukkan Indonesia berada pada peringkat 54 dari 133 negara yang disurvei dalam tingginya tingkat pengangguran .

Terdapat tiga factor  tingginya tingkat pengangguran di Indonesia yaitu :
1.     ketidaksesuaian antara hasil yang dicapai antara pendidikan dengan lapangan kerja,
2.     ketidakseimbangan demand (permintaan) dan supply (penawaran)
3.      kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan masih rendah
Untuk meminimalisasikan pengangguran di Indonesia,sebaiknya mulai saat ini  para pendidik di perguruan tinggi jangan lagi berorientasi pada penciptaan tenaga kerja, tetapi harus diarahkan penciptaan terhadap lapangan kerja atau kewirausahawan, dengan begitu mahasiswa tersebut jika telah  lulus dapat mandiri dengan membuka usaha sendiri sesuai dengan ilmu yang diperolehnya. Bukan lagi tamatan universitas pencari kerja, tetapi pencipta kerja
Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar